Text Widget

Home » , » Menerjemahkan kode Lensa DSLR Canon

Menerjemahkan kode Lensa DSLR Canon

Written By Patty Budiman on Rabu, 12 Maret 2014 | 23.26

Menerjemahkan kode pada lensa DSLR perlu di lakukan, agar mengerti fungsi dan kegunaan serta mengerti kekurangan dan kelebihannya pada lensa tersebut.

Banyak nya jenis lensa yang dijual membuat bingung. Karena disetiap kode lensa yang ada mempunyai fungsi dan kegunaan berbeda, apalagi lensa yang diproduksi oleh pihak ketiga seperti Tamron, Sigma, Tokina mempunyai kode lensa yang berbeda.

Beberapa jenis lensa memang sangat banyak di pasar, kadang juga kita bingung untuk mengartikan kode lensa. Agar tidak bingung mari kita kupas sedikit tentang kode lensa DSLR dari beberapa sample di bawah ini.

- Canon EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS
 
EF-S berarti Electro focus short back sering di pasangkan satu paket dengan lensa DSLR standar pada canon Eos 1100D, 550D, dll. Lensa ini memang didesain untuk DSLR yang mempunyai sensor kecil (cropped sensor). Lensa EF-S tidak bisa dipasang pada DSLR dengan sensor full frame

18-55mm berarti range dari focal lenght lensa (focal lenght berarti jarak pusat optik lensa terhadap titik focus yang terdapat pada sensor kamera.

f/3.5-5.6 kode lensa ini berarti bukaan atau diagfragma yaitu lensa ini dapat menggunakan f/3.5 pada posisi 18mm dan f/5.6 pada posisi 55mm

IS berarti (image stabilizer) yaitu kemampuan lensa ini dapat meredam getaran. IS sangat berguna apabila kita memakai speed rendah. Kode ini hanya ada pada lensa canon sedangkan pada lensa Nikon istilahnya akan berbeda.

- Canon EF-S 17-55mm f/2.8 IS USM

Lensa Canon ini kategori lensa wide, lensa ini mempunyai bukaan yang sangt lebar f/2.8 berati di posisi 17mm dan 55mm diagfraghma tetap lebar f/2.8. 

Sedangkan USM berarti Ultra sonic motor yaitu lensa ini mampu membaca auto focus yang cepat tanpa menimbulkan bunyi yang berisik.

- Canon EF 50mm f/1.8
Lensi ini tidak memeiliki focal lenght, kode EF  kebalikan dari EF-S yang berarti lensa ini bisa dipasang pasa DSLR full frame. f/1.8 merupakan bukaan terbesar dan mampu menghasilkan bokeh atau blur yang keren. 50mm berarti lensa ini tidak bisa zoom. 


Untuk kode lensa DSLR sendiri tidak sama dam beda merek beda istilah yang dipakai, tapi pada dasarnya fungsinya sama.

Kesehatan & Kecantikan

Search

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Kuliner

Teknologi

About